Aplikasi Sistem Pemetaan Suara Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun Depan Kalteng Sudah Gunakan E-Budgeting

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 27 Oktober 2017 - 08:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Provinsi Kalimantan Tengah, Yuren S Bahat, mengatakan bahwa mulai tahun depan perencanaan pembangunan dan penganggaran sudah terkoneksi serta terpantau melalui elektronik budgeting atau e-budgeting.

Saat ini, kata dia, Pemprov Kalteng sudah menggunakan perencanaan secara elektrnik dan online atau yang dikenal dengan e-planing. Sedangkan e-budgeting masih tahap pengembangan.

'Kalau perencanaan pembangunan daerah menggunakan aplikasi e-planing sudah berlangsung sejak 2015 lalu. Produk APBD 2016 sudah e-planing. Nah, nanti diintegrasikan dengan e-budgeting pada 2018 untuk menggarap APBD 2019,' kata Yuren kepada Borneonews, Kamis (26/10/2017).

Ia optimistis sistem e-budgeting sudah terbangun pada tahun depan. Dengan e-budgeting anggaran yang sudah diketok dan disetujui eksekutif dan legislatif tidak mudah diotak-atik. Baik poin perencanaan maupun mata anggarannya.

'Sekarang ini monitoring pelaksanaan anggaran sudah secara elektornik atau e-monev, itu sudah berjalan, yaitu melalui apliasi SIMP3D. Jadi 2018 sudah terbangun sistem terintgrasi,' tutupnya. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru