Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Stunting Menjadi Prioritas Nasional

  • Oleh James Donny
  • 27 Oktober 2017 - 10:16 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Permasalahan stunting menjadi agenda pemerintah pusat dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Direktur Gizi Masyarakat Kemanterian Kesehatan, Doddy Izwardy mengatakan Presiden dan Wakil Presiden telah menjadikan stunting sebagai prioritas nasional.

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan yang kurang dalam waktu lama sehingga menghambat pertumbuhan anak. "Tujuan Presiden mengatasi masalah ini untuk meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan mengatasi ketimpangan yaitu kemiskinan," terang Doddy selepas menyaksikan penandatanganan Peraturan Bupati Kabupaten Pulang Pisau terkait penanganan masalah stunting ini, di rumah jabatan bupati Pulang Pisau, Kamis (26/10/2017) malam tadi.

Stunting menurutnya, adalah persoalan yang tidak mudah karena multidimensi sehingga dalam penanganan harus dilakukan secara bersinergi antarkementrian dan lembaga. Menyelesaikan masalah stunting ini membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan bisa sampai satu abad.

Hal tersebut kata Doddy dapat dilakukan jika dari semua sektor saling mendukung dan memiliki komitmen kuat dalam menyelesaikan permasalahan stunting ini. Hingga saat ini, kata Doddy, Indonesia masih sebagai penyumbang stunting nomor lima di dunia. (JAMES DONNY/B-2)

Berita Terbaru