Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebagian Besar Desa Sudah Menyampaikan Hasil Pilkades ke Bupati

  • Oleh Naco
  • 28 Oktober 2017 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebagian besar desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) di Kabupaten Kotawaringin Timur sudah melakukan penetapan hasil pilkades, bahkan sesuai tahapan sudah ada yang disampaikan kepada Bupati Kotim.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Redi Setiawan, Sabtu (28/10/2017) penetapan hasil pilkades dilakukan oleh panitia desa dan BPD yang ada di masing-masing desa.

"Bupati akan melakukan pengesahan paling lambat 30 hari setelah surat BPD diajukan melalui camat kepada Bupati," kata Redi kepada Borneonews melalui sambungan telepon, Sabtu (28/10/2017)

Sampai saat ini menurut Redi sudah 70 desa yang menyampaikan surat tersebut kepada bupati, sementara 7 desa lainnya masih dalam proses ditingkat desa, dipastikan dalam waktu dekat akan segera menyusul.

"Kita tunggu saja 7 desa tersebut, namun kalau sesuai jadwal saat ini proses masih ada di desa-desa," kata panitia pilkades kabupaten tersebut.

Ia melanjutkan dari tahapan-tahapan yang sudah dilalui ini, proses pelaksanaan pilkades di Kotim sejauh ini berjalan lancar, tidak ada kendala yang dihadapi baik itu panitia desa, kecamatan maupun panitia kabupaten.  Dari 168 desa di Kabupaten Kotim, pada 21 Oktober 2017 tadi ada 77 desa yang menyelenggarakan pilkades secara serentak yang tersebar di beberapa kecamatan di Kotim, ini kali pertama Kotim menggelar pilkades secara serentak.

Rencananya 2018 mendatang kegiatan demokrasi ditingkat desa itu akan kembali dilakukan terhadap sejumlah desa yang saat ini belum melaksanakan pilkades.(NACO/B-8)

Berita Terbaru