Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kesenian Daerah Kapuas Gali Potensi Budaya Lewat Pameran

  • Oleh Hamdi
  • 29 Oktober 2017 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Mengembangkan dan meningkatkan potensi seni budaya di Kuala Kapuas, Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kapuas menggelar pameran seni rupa natural dan kultural di Taman Raja Bunu.

Kegiatan itu berlangsung selama tiga hari (27-29 Oktober 2017). "Di taman ini kita menampilkan hasil seni yang bersifat natural dan kultural untuk ditampilkan kepada para pengunjung. Seni itu merupakan hasil karya dari tangan seniman lokal Kapuas dan seniman dari Banjarmasin," ungkap Ketua DKD Kabupaten Kapuas Darwandi kepada Borneonews, Minggu (29/10/2017).

Kegiatan itu, sambung dia, dikemas dalam bentuk lomba. "Seperti lomba puisi, melukis, dan busana etnik nusantara. Yang mana kita bagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan usia."

Melalui kegiatan itu, DKD berupaya meningkatkan serta menggali potensi seniman lokal dan anak-anak yang mengikuti les alam. "Potensi anak-anak yang ikut les alam di taman ini juga kita ikutkan, di samping kita juga menggali potensi otodidak lainnya," kata Darwandi.

Para seniman lukis, pada kesempatan itu juga diberikan waktu 10 menit untuk menunjukan kemampuan mereka sambil diiringi musik kontemporer.

Darwandi berharap, kegiatan tersebut bisa terus dilaksanakan setiap tahun. Mengingat budaya di Kabupaten Kapuas cukup banyak dan perlu digali serta dikembangkan terus-menerus.

"Jadi budaya-budaya yang ditampilkan ini tidak hanya budaya Kalteng, tetapu seluruh nusantara kita ingin tamlilkan. Kita ingin lihat dan ingin kembangkan terus agar semua tahu potensi budaya yang ada di Kabupaten Kapuas memang sangat luar biasa. Tidak lupa pula kepada pemerintah daerah yang telah mendukung kita ucapkan terima kasih," pungkasnya. (HAMDI/B-3)

Berita Terbaru