Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Penukal Abab Lematang Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendidikan Wawasan Kebangsaan Muncul dari Keprihatinan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Oktober 2017 - 23:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Minggu (29/10/2017) pagi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya meluncurkan program baru yakni Panggung Suara Kebangsaan. Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia yang meresmikan kegiatan mengatakan panggung suara kebangsaan itu muncul sebagai bentuk lain dari pendidikan wawasan kebangsaan kepada masyarakat.

"Pendidikan wawasan kebangsaan lahir dari suatu keprihatinan dari berbagai kalangan masyarakat Indonesia," kata Riban.

Menurutnya banyak kalangan yang melihat perkembangan politik, sosial, ekonomi dan budaya di Indonesia sudah sangat memprihatinkan dan justru kekhawatiran itu menjadi semakin nyata saat memudarnya wawasan kebangsaan.

"Kondisi ini akan mendorong terjadinya disorientasi dan perpecahan. Saat ini krisis multidimensional ini telah memberikan tanda-tanda awal munculnya krisis kepercayaan diri dan rasa hormat diri sebagai bangsa," sebutnya.

Menurutnya krisis kepercayaan sebagai bangsa ini dapat berupa keraguan terhadap kemampuan diri sebagai bangsa untuk mengatasi persoalan yang mendasar yang terus menerus melanda bangsa Indonesia.

"Saya berharap agar kegiatan ini menjadi momentum untuk mempertebal wawasan kebangsaan NKRI. Selain itu kita semakin berdaulat dalam segi politik, mandiri ekonomi dan kepribadian dalam kebudayaan," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru