Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kapuas Peringati Hari Sumpah Pemuda dengan Beragam Lomba

  • 30 Oktober 2017 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas ' Pemkab Kapuas menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Stadion Olahraga Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Senin (30/10/2017). Pada kesempatan itu, yang bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Sekda Kapuas Rianova.

Pada upacara itu, Sekda membacakan pidato tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi. Ia menyampaikan, 89 tahun yang lalu, tepatnya pada 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air berkumpul di sebuah Gedung di Kramat Raya Daerah Kwitang Jakarta.

"Pada kesempatan itu mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia, yang mana kejadian itu merupakan sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia," ucapnya.

Lebih lanjut ia menyatakan, agar api semangat sumpah pemuda tersebut harus diambil dan terus dinyalakan, serta mengajak agar berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa.

Acara tersebut juga diisi dengan pembacaan teks keputusan Kongres Pemuda Indonesia tahun 1928. Di akhir acara, dilakukan penyerahan Piala dan Piagam lomba membaca puisi tingkat pelajar, lomba menggambar atau mewarnai serta lomba Busana Etnik Nusantara Seni Karnaval. (DJIMMY NAPOLEON/B-2)

Berita Terbaru