Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyak Daerah di Kalteng Ingin Jadi Kabupaten Mandiri

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 30 Oktober 2017 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Di Provinsi Kalimantan Tengah banyak daerah yang ingin memekarkan diri, membentuk kabupaten tersendiri. Setidaknya ada empat daerah yang berniat menjadi daerah otonomi baru.

Bahkan dua daerah di antara sudah menyiapkan diri dan administrasi serta telah mengajukan usulan ke tingkat provinsi. Dua daerah itu yakni Kotawaringin Utara dan Kapuas Ngaju. Hal ini diakui Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Mugeni. Sementara dua calon daerah pemekaran lainnya, masih belum menyampaikan usulan.

Namun, ada catatan tersendiri di mata Wakil Ketua DPRD Kalteng Abdul Razak terkait maraknya rencana pemekaran kabupaten. Politisi Partai Golkar ini berharap, usulan pemekaran wilayah bukan dilatarbelakangi niat atau motif tertentu. Sehingga titik tekannya bukan soal administratif saja.

'Jadi jangan sampai usaha memekarkan daerah ini dan nanti saat dilaksanakan malah tidak berjalan dengan baik. Atau malah masyarakat tidak menjadi sejahtera. Tapi kalau betul-betul siap, sepanjang aturan memungkinkan ya tidak masalah,' kata Razak, Senin (30/10/2017).

Khawatirnya, kata Razak, justru tidak mendekatkan pada tujuan kesejahteraan rakyat. Pasalnya, saat ini sedang diberlakukan moratorium pemekaran daerah oleh pemerintah pusat. Karena hasil evaluasi, banyak potret daerah yang mekar ternyata tidak sejahtera, alias tidak sesuai dengan tujuan awal adanya pemekaran.

'Boleh saja (pemekaran) karena itu hak masing-masing daerah. Tapi ada persyaratan dan aturan tertentu. Apalagi ini masih moratorium. Itu bukan tidak boleh atau tidak bisa tapi ditunda. Mungkin pemekaran selama ini dinilai belum sesuai dengan yang diharapakan yaitu menyejahterakan,' tutupnya. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru