Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemitraan Petani-Pengusaha Kunci Sukses Industri Sawit Indonesia

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 31 Oktober 2017 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Indonesia sebagai penghasil sawit terbesar di dunia memiliki peran sangat strategis dan penting. Keberhasilan ini bisa dicapai karena adanya kemitraan antara petani dan perusahaan kelapa sawit.

Sebagai salah satu komoditas unggulan Indonesia, sawit memiliki kontribusi besar di bidang perekonomian. Di antaranya ekspor dan kontribusi devisa, penyerapan tenaga kerja, pengentasan kemiskinan, memiliki potensi besar sebagai bahan baku industri dan diolah menjadi produk-produk industri, pemerataan pembangunan ekonomi wilayah dan sebagai penerimaan negara.

Data Badan Pusat Statistik menyebutkan ada sekitar empat juta tenaga kerja yang terserap di sektor sawit, sehingga hal ini juga berperan penting dalam pengentasan kemiskinan.

Di samping itu, sawit juga berperan penting dalam pemerataan ekonomi wilayah, di mana kerap kali terjadi ketimpangan di Pulau Jawa dan luar Jawa.

Dalam kemitraan petani dengan perusahaan dalam industri sawit ada tiga aspek yang menjadi kunci sukses kemitraan, yakni trust, social capital, dan certainty. Dengan adanya kemitraan tersebut, petani diharapkan dapat lebih memperhatikan perbaikan kinerja yang telah dihasilkan.

Untuk diketahui, minyak sawit mentah (CPO) menjadi komoditas dengan sumbangan ekspor terbesar kedua di Indonesia, di mana pada 2016 ekspor CPO sebesar US$14,36 miliar. Hasil sawit Indonesia menjadi penyumbang 10% dari total ekspor Indonesia pada tahun lalu.

Jumlah yang jauh lebih tinggi dibanding ekspor minyak dan gas yang masing-masing berkontribusi sebesar 3% dan 5% dari total nilai ekspor nasional 2016. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru