Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siam Epang Ditetapkan Sebagai Padi Unggul Nasional

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 01 November 2017 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terus berusaha agar mempertahankan swasembada beras. Dan usaha tersebut membuahkan hasil karena padi Siam Epang yang merupakan asli produk lokal kini sudah diakui oleh Kementerian Pertanian sebagai padi unggul nasional.

"Varietas sudah kami dapatkan, dan padi Siam Epang sudah menjadi padi unggul nasional. Hal itu didapat setelah lolos uji dari Kementerian Pertanian," ujar Kepala Dinas Pertanian Kotim I Made Dikantara, Rabu (1/11/2017).

Dengan demikian maka padi Siam Epang merupakan asli dan paten milik Kotim. Hingga bisa dipasarkan keluar daerah untuk bibit padi tersebut.

Lolosnya padi Siam Epang merupakan yang pertama di Kotim bahkan di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Dan hal itu terjadi karena keunggulan Siam Epang, mulai dari tidak susah dalam merawatnya, lebih kuat dari hama penyakit, dan juga nasinya lebih lama bertahan, hingga bagi yang mengkonsumsinya maka akan lebih lama kenyangnya dibandingkan dengan nasi yang berasal dari beras lainnya.

"Dengan keunggulan tersebutlah membuat siam epang diakui. Dan kami pun akan siap memasarkan gabahnya hingga keluar daerah," kata Made.

Dengan adanya hal itu, made juga meminta kepada masyarakat baik itu ASN, maupun lainnya agar mengkonsumsi beras tersebut. Sehingga serapan gabah bisa lebih banyak lagi. Dan hal itu juga membantu peningkatan ekonomi petani di daerah ini. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru