Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangandaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesbangpol Gunung Mas Luncurkan Epro dan Teras Bantuan Parpol, Apa Itu

  • 01 November 2017 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) meluncurkan pola Efektivitas Proses dan Tertib Administrasi (Epro & Teras) Bantuan Keuangan Partai Politik (Parpol) di kabupaten setempat.

Peluncuran ditandai dengan penandatanganan MoU antara tim verifikasi dengan parpol penerima bantuan keuangan yang dilakukan di aula kantor Kesbangpol Kabupaten Gumas, Rabu (1/11/2017).

Kabid Politik dan Kemasyarakatan pada Kesbangpol Kabupaten Gumas Supervisi Budi menyampaikan, Epro & Teras merupakan pola baru yang ingin diterapkan. Pola ini berguna untuk mengatasi masalah yang bisa terjadi pada tahapan pengajuan permohonan, penyaluran dan laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan Parpol.

'Ini agar lebih efektif dan efisien,' ujar Supervisi Budi.

Diharapkan pola ini dapat berjalan mulai tahun 2018 mendatang serta dilaksanakan secara berkelanjutan. Disamping itu, nantinya juga perlu dilakukan pelatihan teknis pengurus parpol dan membuat aplikasi berbasis IT mengenai proses bantuan keuangan tersebut.

Dari 8 parpol yang menerima bantuan keuangan di Kabupaten Gumas, lima parpol telah melakukan penandatanganan MoU. Kelima parpol tersebut adalah PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN dan Partai Gerindra.

Sedangkan pengurus Partai Hanura, Partai Nasdem dan PKPI tidak dapat hadir melakukan penandatanganan karena ada kesibukan dan dalam waktu segera juga akan melakukan penandatanganan MoU. (EPRA SENTOSA/B-5)

Berita Terbaru