Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Industri Manufaktur di Kalteng Makin Bergairah

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 01 November 2017 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Pertumbuhan industri manufaktur di Provinsi Kalimantan Tengah makin bergairah. Industri ini bahkan berperan dalam meningkatkan perekonomian Bumi Tambun Bungai, baik skala besar maupun sedang.

Ditinjau pertriwulanan (q-to-q), industri manufaktur besar dan sedang di Kalteng pada triwulan tiga 2017 mengalami peningkatan sebesar 0,76% bila dibandingkan dengan triwulan dua 2017.

'Peningkatan ini berbanding lurus bila dibandingkan dengan triwulan dua 2017. Industri manufaktur pada skala ini mengalami peningkatan produksi sebesar 0,17%,' kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalteng Hanif Yahya, Rabu (1/11/2017).

Ia menuturkan, peningkatan produksi ini disebabkan naiknya produksi pada industri kayu, barang dari kayu, barang dari kayu dan gabus (tidak termasuk furniture), dan barang anyaman dari bambu, rotan, serta sejenisnya yang mengalami peningkatan sebesar 0,98%.

'Industri makanan, sebagai industri manufaktur besar dan sedang terbesar di Kalteng mengalami peningkatan produksi sebesar 0,74% jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Sedangkan industri karet, barang dari karet, dan plastik juga mengalami peningkatan produksi sebesar 0,82%,' sebut dia.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan pertahunan (y on y), produksi industri manufaktur besar dan sedang pada triwulan tiga 2017 naik 2,69% dari periode yang sama pada 2016. Peningkatan produksi ini terjadi pada seluruh jenis industri manufaktur berskala besar dan sedang. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru