Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mengukur Efektivitas Sumber Pupuk Magnesium di Lahan Mineral Berliat

  • Oleh Ediya Moralia
  • 02 November 2017 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Magnesium (Mg) adalah salah satu hara makro yang memegang peranan penting untuk mencapai produksi optimal, dan dapat menjadi faktor pembatas produksi sawit. Namun curah hujan menyebabkan banyaknya defisiensi Mg yang senyawanya mudah tercuci.

'Pupuk Mg yang selama ini digunakan adalah dolomite dan kieserite. Dolomite memiliki kekurangan lambat tersedia karena berbentuk senyawa oksida. Sedangkan kieserite berbentuk senyawa sulfat memiliki kekurangan sangat mudah tercuci karena kelarutannya tinggi,' jelas Head of Research Sulung Research Station (SRS) PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) Fizrul Indra Lubis, baru-baru ini.

Saat ini, kata dia, terdapat alternatif pupuk baru (Oxy Sulfat) yang dapat menutupi kedua kekurangan kedua jenis pupuk Mg yang selama ini digunakan, sehingga perlu pengujian di lapangan.

Sulung Research Station pun melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian beberapa sumber pupuk Magnesium terhadap perbaikan hara tanaman defisiensi magnesium di tanah mineral. Penelitian berlangsung di tanah mineral (Ordo Ultisol).

Perlakuan pupuk dilakukan tiap tahun dengan cara ditabur. Selain pupuk Mg, aplikasi pupuk lainnya pada sejumlah pohon pengamatan itu mengikuti rotasi dan dosis sesuai rekomendasi pemupukan regular dari Sulung Research Station.

'Defisiensi Mg pada tanaman kelapa sawit dicirikan dengan munculnya gejala chlorosis pada anak daun yang terkena cahaya matahari langsung, sedangkan bagian anak daun yang terlindung tetap hijau,' jelas Agronomist Sulung Research Station Saiful Afif Almatholib.

Ia menambahkan bahwa ketersediaan hara daun Mg dipengaruhi ketersediaan hara Mg di dalam tanah. Hara Mg di dalam tanah bersifat antagonis dengan K dan Ca. Perbandingan dengan komposisi yang tepat dari K/Ca/Mg di dalam tanah menjamin ketersediaan yang baik dari ketiga unsur tersebut. Selama ini Komposisi K/Mg/Ca yang terbaik adalah 10/30/60.

Lalu seperti apa hasil penelitan yang dilakukan Sulung Research Station ini Seberapa banyak aplikasi Kieserite yang bisa meningkatkan kandungan hara daun Mg

Jika ingin mengetahui jawabannya, silakan Anda menghubungi Sulung Research Station melalui email [email protected], atau nomor telepon 0532-21297 ext 5591. (m)

Berita Terbaru