Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Trenggalek Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mayoritas Sebut Tidak Pakai Helm karena Rumah Dekat

  • Oleh Budi Yulianto
  • 02 November 2017 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hingga siang hari Kamis (2/11/2017) sudah ada puluhan pengendara yang terpaksa ditilang lantaran tidak mengenakan helm saat berkendara.

Rata-rata mereka yang terjaring anggota Direktorat Lalu Lintas Polda Kalteng melalui pola hunting sistem pada Operasi Zebra Telabang 2017 ini menyebut tidak mengenakan helm lantaran dekat dengan rumah.

Seperti yang disampaikan seorang perempuan yang terjaring di Jalan Rajawali, Maya. Warga Jalan Paus ini menyebut hanya ingin bepergian ke Pasar Rajawali.

"Karena dekat rumahnya pak," kata Maya saat ditanya kenapa tidak mengenakan helm saat berkendara.

Ia menuturkan tidak mengetahui akan adanya giat operasi yang dilakukan aparat kepolisian. Alasannya karena baru datang dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Maya juga sempat menghubungi pihak keluarganya. Namun apapun alasannya, dia tetap ditilang. "Mau gimana lagi, ya udah lah," tuturnya.

Terpisah, Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng, Kombes Pol Eko Waluyo mengatakan, penggunaan helm bukan untuk kepentingan polisi atau menghindari supaya tidak terkena tilang.

Tapi penggunaan helm untuk keselamatan diri sendiri. Sebab, terjadinya peristiwa kecelakaan juga tidak ada yang mengetahui kapan dan dimana tempatnya. (BUDI YULIANTO/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru