Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Setiap Desa di Pulang Pisau Miliki Potensi Wisata

  • Oleh James Donny
  • 02 November 2017 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau, Damek Panahan, mengatakan bahwa setiap desa mempunyai potensi yang bisa dikelola menjadi tempat wisata.

Yang paling banyak ditemui di Kabupaten Pulang Pisau ialah terkait dengan wisata budaya. Beberapa desa juga masih memiliki alam yang dapat dikelola menjadi destinasi wisata di Kabupaten Pulang Pisau.

"Wilayah kita terdapat beberapa situs budaya peninggalan leluhur seperti rumah betang dan keanekaragaman kerajinan yang memiliki nilai budaya seperti seni ukir, seni pahat, serta anyaman. Jika semuanya dikelola dengan baik akan menghasilkan hal-hal yang dapat menarik wisatawan dan membuka peluang usaha bagi masyarakat," sebut Damek.

Menurutnya, pihak desa dapat memanfaatkan dana desa untuk mengembangkan potensi tersebut. Sehingga memberikan nilai tambah bagi masyarakat, dengan mengelola potensi tersebut menjadi sesuatu yang bernilai sehingga menjadi sumber penghasilan.

"Kita harapkan juga dengan ada kelompok sadar wisata di desa, potensi-potensi yang ada bisa dikembangkan, dan desa ke depan dapat menjadi tujuan wisatawan yang dikunjungi saat ke Kabupaten Pulang Pisau," harap Damek. (JAMES DONNY/B-3)

Berita Terbaru