Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malaka Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pemkab Masimalkan Pendapatan Asli Daerah Sektor Pariwisata

  • Oleh Ramadani
  • 02 November 2017 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kalangan DPRD Baarito Utara berharap, sektor pariwisata dapat menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) untuk Pemkab setempat. Sebab, menurut anggota Komisi II DPRD Barito Utara, Jamilah, Kabupaten Barito Utara memiliki beberapa potensi objek wisata.

Sektor wisata ini, dinilai berpotensi cukup besar bila dikelola dengan baik, untuk menjadi sumber menyumbang PAD. "Oleh sebab itu, diharapkan agar dinas terkait dapat memaksimalkan sektor wisata yang ada di daerah ini sehingga tempat-tempat wisata yang ada lebih diminati oleh masyarakat baik dari dalam maupun luar daerah," ujar politisi perempuan dari Parpol PKS ini.

Selama ini, pemerintah daerah sudah menggelontorkan anggaran yang besar untuk pembangunan maupun pemeliharaan tempat-tempat wisata di daerah ini. "Keinginan kita melalui sektor wisata juga dapat menambah pendapatan asli daerah ini," katanya.

Terlebih, lanjut dia, untuk target PAD Pemkab Barito Utara setiap tahun meningkat. Untuk itu, sektor wisata bisa diharapkan untuk menghasilkan PAD untuk Pemkab Barito Utara. Sebab bila terus mengandalkan dari sumber daya alam yang ada, misalnya seperti batubara lambat laun cadangannya bisa habis.

"Ada beberapa daerah yang telah kita kunjungi terkait sektor wisata ini, salah satu penyumbang PAD terbesarnya dari sektor wisatanya. Oleh karena itu bagaimana upaya untuk daerah kita memanfaatkan potensi objek wisata yang dimiliki untuk menghasilkan PAD," ucapnya. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru