Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sumatra Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dukung Pemkab Kotim Tata Aset Daerah

  • Oleh Naco
  • 02 November 2017 - 20:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Rimbun sepakat dengan upaya tegas pemkab untuk menata dan menarik seluruh aset pemerintah daerah. Mengingat persoalan aset ini sudah cukup lama toleransi diberikan

Pemkab sudah seyogyanya memberikan tindakan tegas bahkan menarik kembali aset milik pemerintah. Mengingat aset itu tidak hanya aset berupa bangunan tetapi juga kendaraan dan aset lainnya seperti tanah.

Selain itu, Rimbun juga sepakat agar pemerintah daerah menelusuri oknum yang selama ini mengambil keuntungan penyewaan sejumlah aset milik daerah dengan demikian bisa diminta pertanggungjawabannya.

"Apalagi jika aset yang disewakan itu tidak dirawat dan dipelihara dengan baik," kata Rimbun, Kamis (2/11/2017).

Rimbun melihat banyak persoalan tentang aset terutama yang berkaitan dengan sewa menyewa aset, sehingga patut jadi pertanyaan ke mana aliran uang sewanya selama ini apakah masuk ke kas daerah atau sebaliknya ke kantong pribadi.

"Kemudian keterlibatan oknum yang menyewakan ini harus diusut jangan sampai dibiarkan apalagi jika itu dilakukan sudah bertahun-tahun,' tegas Rimbun

Setidaknya ada dua fakta pengelolaan aset yang tidak jelas. Di antaranya beberapa waktu lalu soal aset milik Dinas Pemuda Olahraga yaitu fasilitas olahraga dan ruko yang ada di sekitar lapangan tenis Tugu selain aset Dinas Pendidikan, disinylir banyak alih fungsi rumah dinas guru disewakan kepada perorangan yang justru bukan berlatar belakang guru.

Uang sewa itu tidak tahu mengalir ke siapa. Padahal sebelumnya DPRD Kotim menegaskan semua aset perumahan dinas guru harus dikembalikan ke fungsi awal untuk guru.(NACO/B-11)

Berita Terbaru