Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kediri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warna Segel Gas Elpiji Tentukan Daerah Distribusi, ini Rinciannya untuk Kalteng

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 02 November 2017 - 22:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Banyak kalangan masyarakat menduga pendistribusian tabung gas elpiji ukuran 3 Kg tidak sesuai peruntukkan daerahnya. Maksudnya, sebagian 'dialihkan' ke daerah lain. Hal ini yang menyebabkan keberadaannya langka seperti di Kota Palangka Raya beberapa pekan ini.

Dugaan itu muncul, karena pihak Pertamina mengklaim jumlah pasokan aman dan jumlah normal, tidak berkurang. Begitupun dari dinas terkait sebagai pengawas. Namun faktanya barang itu sulit didapat karena stok habis.

Kasi Pengawasan Energi pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Rahman mengatakan, selain keterbatasan pihaknya dalam pengawasan distribusi, masyarakat bisa memantau apakah elpiji yang beredar itu nyasar dari daerah lain atau tidak, dengan membedakan warna segel penutup.

Rahman menyebutkan segel menurut warna ditetapkan sebagai salah satu upaya pengawasan distribusi di masyarakat.

'Jadi, masyarakat sebenarnya juga bisa ikut mengawasi distribusi elpiji dengan mengenali warna segel yang ada," kata Rahman.

Dia mengatakan, segel warna ungu untuk wilayah distribusi Kota Palangka Raya, Hijau untuk Pulang Pisau hijau, oranye untuk Gunung Mas, merah muda untuk Kapuas, dan biru untuk Katingan.

Berikutnya segel merah untuk Kotawaringin Timur, putih untuk Seruyan, kuning untuk Kotawaringin Barat, hijau untuk Sukamara dan cokelat untuk Lamandau.

Lalu untuk Barito Timur segel warna putih, segel merah untuk Barito Selatan, segel warna biru untuk Murung Raya, segel kuning untuk Barito Utara. (ROZIQIN/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru