Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Uji Respon Dosis Rock Phosphate terhadap Status Hara Fosfor Kelapa Sawit

  • Oleh Ediya Moralia
  • 03 November 2017 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pupuk Rock Phosphate sering digunakan untuk meningkatkan hara Fosfor (P) pada tanaman kelapa sawit. Fosfor (P) merupakan hara makro yang memegang peranan penting untuk mencapai produksi optimal. Juga menjadi faktor pembatas produksi pada kondisi tanah yang memiliki karakteristik pH masam. Lalu, apakah pemberian dosis tinggi Rock Phosphate bisa meningkatkan kualitas buah

'Tanaman yang kekurangan hara P biasanya akan memiliki bentuk batang yang mengerucut sehingga menyebabkan pelepah menjadi tegak. Fungsi utama P pada tanaman yaitu merangsang pertumbuhan awal, memperkuat batang, penyebaran akar dan mendorong kemasakan serta mutu buah,' ujar Head of Research Sulung Research Station (SRS) PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) Fizrul Indra Lubis, baru-baru ini.

Manager Agronomi SRS Lujian Kurniawan menambahkan, tanaman pada tanah masam sering mengalami kekurangan hara P. Penyebabnya adalah ion P terikat oleh logam-logam tanah seperti Al 3+ dan Fe 3+ sehingga ion P tidak tersedia bagi tanaman atau jumlah yang dapat diserap menjadi sangat sedikit.

Hasil penelitian ternyata menunjukkan bahwa pemberian dosis Rock Phosphate tinggi jika dibandingkan dengan perlakuan dosis P standar tidak berbeda nyata terhadap nilai hara daun, tanah, dan kualitas buah. Hal ini menandakan bahwa respon tanaman sudah mencapai optimal pada pemberian dosis pupuk Rock Phosphate standar.

Ingin mengetahui detail penelitian ini Anda bisa menghubungi Sulung Research Station melalui email [email protected], atau nomor telepon 0532-21297 ext 5591. (m)

Berita Terbaru