Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Anambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Audit Adminitrasi Kalteng Juga Naik Peringkat ke B

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 03 November 2017 - 08:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Audit administrasi atau kinerja Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) naik peringkat menjadi B.  Sebelumnya, mendapat penilaian C dari kementerian pendayagunaan aparatur Negara dan reformasi birokrasi (KemenPAN-RB).

Pun begitu juga, jika selama ini audit yang diterapkan di lingkup Provinsi Kalteng hanya mengenai dua hal yaitu bangunan fisik (asset) dan keuangan, kini bertambah lagi dengan audit administrasi.  Dengan penambahan ini, menambah lengkap audit yang dilakukan.

'Kepemimpinan selama ini kita hanya mampu memperoleh peringkat C, sekarang sudah dapat B. Penilaian ini dari Kementerian PAN-RB,' terang Kepala Inspektorat Kalteng, Saidina Aliansyah kepada BOrneonews, Kamis (2/11/2017).

'Dan sekarang ini, dengan kepemimpinan beliau (gubernur) audit jadi ada tiga. Jadi yang biasanya hanya audit bangunan (fisik) dan keuangan, sekarang ada audit administrasi atau kinerja dari masing-masing dinas/SOPD. Jadi dulunya dua saja, kini jadi lengkap, ada tiga,' lanjutnya menjelaskan.

Untuk menambah kekuatan personil dalam melakukan audit, pihaknya akan 'menyekolahkan' beberapa calon auditor. Rencananya dilakukan pada 2018 dengan jumlah 50 auditor.

'Nanti kita akan mendidik atau melatih 50 orang untuk menjadi auditor andal. JAdi ada tambahan lagi kalau sudah lulus,' pungkasnya. (ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru