Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Usaha Perikanan di Murung Raya Cukup Menjanjikan

  • Oleh Risky Rivaldo
  • 03 November 2017 - 08:16 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan (Distanikan) Kabupaten Murung Raya (Mura) Ganefo L Amin melalui Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Kusmawan mengatakan usaha perikanan di Kabupaten Mura cukup menjanjikan.

"Potensi sumber daya alam Kabupaten Mura cukup banyak, salah satunya sumber daya perikanan yang mudah ditemukan di setiap desa di Murung Raya," kata Kusmawan saat ditemui Borneonews di kantornya, Jumat (3/11/2017).

Ia melanjutkan saat ini pihaknya sedang membahas beberapa program kerja tahun anggaran 2018 dengan DPRD Murung Raya. "Potensi alam kita cukup banyak untuk menunjang usaha perikanan. Namun sampai saat ini belum ada investor ataupun usaha perorangan dan badan usaha yang mau melirik ke usaha perikanan ini," ungkap dia.

Menurut Kusmawan, berdasarkan data yang dihimpun, ada sekiar 5 Usaha Pembenihan Rakyat (UPR) yang saat ini datanya sudah masuk.Namun hanya bisa bertahan pada Januari sampai dengan bulan Desember 2016 yang lalu. "Kendalanya dari 5 UPR tahun lalu setelah kita evaluasi memiliki kesulitan di penyediaan ataupun modal membeli pakan ikannya" jelasnya

Ia menegaskan penyediaan pakan harus menjadi perhatian penting Pemkab bersama DPRD Mura. Pasalnya, pakan merupakan faktor penting untuk bidang perikanan dan bisa menarik investor-investor bidang perikanan agar dapat berinvestasi di Mura. (RISKY RIVALDO/B-8)

Berita Terbaru