Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pramuka, Gerakan Kepanduan Perekat Persatuan Bangsa indonesia

  • Oleh Risky Rivaldo
  • 03 November 2017 - 13:56 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) merupakan gerakan kepanduan Indonesia yang punya sejarah panjang. Gerakan ini telah ada sejak zaman penjajahan Belanda tepatnya pada tahun 1912. Presiden Soekarno melihat militansi dari gerakan kepanduan ini yang sangat potensial untuk menjadi perekat persatuan Bangsa Indonesia.

"Organisasi kepanduan itu menjadi Gerakan Pramuka dengan diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 238 tahun 1961 dengan menyerahkan panji Gerakan Pramuka kepada Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) pertama Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX pada 14 Agustus 1961," kata Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph membacakan sambutan tertulis Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adyaksa Dault saat bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT Pramuka ke-56 dan membuka secara resmi lomba ketangkasan di Halaman Kantor Pemkab Mura, Jumat (3/11/2017).

Ia menjelaskan gerakan pramuka dirintis dari Gerakan Kepanduan yang mulai berkembang di dunia kala itu. Gerakan kepanduan yang dirintis oleh veteran tentara Inggris bernama Robert Stephenson Smyth Baden Powell atau Sir Lord Baden Powell.

"Saat itu gerakan kepanduan di Indonesia berdiri sendiri-sendiri berdasarkan nama etnik dan keagamaan," kata dia.

Saat ini, lanjut dia, setelah 105 tahun gerakan kepanduan eksis di Indonesia, gerakan ini telah menjadi gerakan non formal yang melengkapi pendidikan formal di sekolah-sekolah di Indonesia.

"Gerakan Pramuka diharapkan bisa menjadi bagian dari pembangunan sumber daya manusia di samping fisik infrastruktur," pungkas dia.(RISKY RIVALDO/B-8)

Berita Terbaru