Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Kekurangan Tenaga Penyuluh Pertanian

  • Oleh Naco
  • 03 November 2017 - 15:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Keberadaan penyuluh pertanian di Kabupaten Kotawaringin Timur sangat diharapkan dalam rangka meningkatkan sektor pertanian di wilayah ini. Sayangnya, saat ini Kotim masih kekurangan jumlahnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kotim, I Made Dikantara, Jumat (3/11/2017), mengatakan, memang saat ini ada perekrutan 62 tenaga penyuluh pertanian dari Kementerian Pusat. Meski demikian, jumlah tersebut masih belum mencukupi untuk daerah ini.

"Ada 62 orang penyuluh yang direkrut oleh pusat, namun itu masih kurang. Kemarin formasi itu terbatas karena yang menyelenggarakannya pusat," kata Made saat di DPRD Kotim.

Jumlah tersebut masih belum mencukupi untuk Kabupaten Kotim. Yang sejauh ini jumlah penyuluh hanya sekitar 10 orang saja. Jika menyesuaikan kebutuhan, setidaknya satu desa/kelurahan ada satu penyuluh. "Di daerah kita ada 168 desa tambah lagi kelurahan, jadi kurang," kata dia.

Keberadaan penyuluh pertanian sangat penting untuk transfer teknologi kepada kelompok tani. Langkah itu akkan efektif dilakukan melalui para penyuluh sebagai pendamping petani di lapangan. (NACO/B-11)

Berita Terbaru