Aplikasi Pemenangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Produksi Ikan Air Tawar Diprediksi Meningkat 102,4 Ton

  • Oleh Ramadani
  • 03 November 2017 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Barito Utara mengadaan paket percontohan budidaya ikan air tawar. Ada 42 paket percontohan yang dibuat. Semuanya tersebar di delapan kecamatan se-Kabupaten Barito Utara.

Kepala Bidang Pengelolaan Pembudidayaan Ikan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Barito Utara Marzuki mengatakan, dari total keseluruhan paket bantuan budidaya ikan air tawar tersebut, diprediksi jumlah panen perikanan pada tahun ini dan 2018 mengalami kenaikan sebesar 102,4 ton.

'Untuk paket budidaya lele di kolam terpal dengan total benih yang ditebar sebanyak 354 ribu ekor, diprediksi total panen sekitar 70,8 ton. Paket budidaya patin di kolam dengan tebaran benih sebanyak 28 ribu ekor, diprediksi total panen sekitar 19,6 ton,' katanya.

Dan paket budidaya nila di kolam dengan total benih yang ditebar 30 ribu ekor, diprediksi total panen sekitar 7,5 ton. Sedangkan paket budidaya ikan mas di kolam dengan total benih yang ditebar sebanyak 18 ribu ekor, prediksi total panen sekitar 4,5 ton.

Diharapkan dengan adanya paket percontontohan budidaya ikan air tawar tersebut, kelompok pembudidaya dapat meningkat kegiatan usaha mereka dengan teknik yang baik dan tetap. Sehingga bisa memberikan contoh serta motivasi kepada masyarakat di lingkungan sekitar mereka.

'Kami juga berharap bahwa dengan adanya program bantuan dari pemerintah melalui kegiatan pengadaan paket percontohan budidaya ikan air tawar ini bisa dikelola dan dimanfaatkan semaksimal mungkin serta secara bersungguh-sungguh. Sehingga memberikan hasil yang nyata sesuai tujuan pemerintah. Khususnya untuk meningkatkan usaha petani pembudidaya ikan serta meningkatkan produksi budidaya perikanan pada umumnya,' kata Marzuki. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru