Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purbalingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Katingan Diingatkan Waspada DBD

  • Oleh Abdul Gofur
  • 04 November 2017 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pada musim penghujan tahun 2017 ini masyarakat di Kabupaten Katingan diingatkan bahaya serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Peringatan itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan, dr Robertus Pamuriyanto. Saat dihubungi borneonews.co.id Sabtu (4/11/2017).

Robertus mengingatkan masyarakat agar senantiasa memperhatikan kebersihan lingkungan untuk menghindari serangan penyakit mematikan berupa DBD tersebut.

Sejauh ini, tutur Robertus, wilayah yang dinilai endemis DBD di Kabupaten Katingan, itu berada di dua wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Katingan Hilir dan Katingan Tengah.

Pasalnya, hampir tiap tahun pasien yang diduga terjangkit penularan DBD ini selalu ada di dua kecamatan tersebut. "Iya dua wilayah kecamatan ini endemis DBD, sebab hampir setiap tahunnya bisa lebih dari dua warga yang disinyalir terkena serangan DBD itu," ujarnya.

Sementara sejumlah wilayah kecamatan lain meski tidak sebanyak dua kecamatan itu juga kadang ditemukan kasus dugaan penularan DBD ini. Misalnya Kecamatan Kamipang, dan Katingan Kuala.

"Dalam kurun enam bulan terakhir ini memang belum ditemukan kasus warga yang terindikasi terkena DBD itu, tapi kita tetap mengimbau agar warga mewaspadai penyakit DBD terutama pada musim hujan ini," imbuhnya.(ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru