Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Volatile Foods Mengancam di Penghujung Tahun

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 05 November 2017 - 11:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kalteng harus menyiapkan langkah antisipasi serius menghadapi akhir 2017. Sebab diprediksikan kondisi cuaca akan menimbulkan Volatile Foods alias ketidakstabilan harga bahan pangan (fluktuatif).

Peringatan datang dari Analis Bank Indonesia (BI) Kalteng, Edy Saputra, yang melihat data perkembangan cuaca, lalu memproyeksikan musim penghujan sedang akan gencarnya mengguyur wilayah di Kalteng.

Kondisi ini ada kaitannya dengan perekonomian Kalteng khususnya pengaruh terhadap inflasi daerah. Ini jika tidak disiapkan berpotensi mempengaruhi produksi kebutuhan pokok dan distribusinya.

"Kalteng sejumlah langkah antisipasi jelang akhir tahun. Pada Desember-Januari 2017 ini diprediksikan hujan dan malah sedang puncak-puncaknya hujan, berdampak terganggunya produksi dan distribusi akhir tahun jika tdk diimbangi dengan jumlah produksi cukup," terangnya.

Edy Saputra menambahkan, pihaknya akan terus memantau harga pangan salah satunya melalui aplikasi harga pangan strategis.

"Begitu tahu ada harga yang terlalu murah atau mahal, akan dilakukan pengecekan bersama dinas teknis," pungkasnya. (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru