Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Samarinda Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hari Ke-6 Operasi Zebra Telabang, Ratusan Pengendara Terjaring

  • Oleh Uriutu
  • 06 November 2017 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Pada hari keenam Operasi Zebra Telabang 2017 yang dilaksanakan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Barito Selatan, sebanyak 105 pengendara terjaring.

'Pada hari keenam kita telah menjaring 105 pengendara dengan berbagai pelanggaran. Dari jumlah tersebut sebanyak 95 tilang di tempat dan 11 hanya mendapatkan teguran,' kata Kasat Lantas Polres Barito Selatan AKP Anang Hardiyanto mewakili Kapolres AKBP Yussak Angga kepada Borneonews, Senin (6/11/2017).

Pengendara roda dua yang terjaring meliputi 3 orang tidak mengenakan helm, 2 orang melawan arus, 81 orang tidak menyalakan lampu utama pada siang hari, 4 orang tidak lengkap surat-surat, dan 1 orang tidak menggunakan kelengkapan.

Sementara itu, untuk pengendara roda empat, ada dua pelanggar yang terjaring lantaran tidak mengenakan sabuk pengaman dan tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan.

Ia menegaskan, Operasi Zebra Telabang digelar sebagai upaya tertib berlalu lintas bagi masyarakat, bukan untuk menakut-nakuti dengan pemberian tindakan. 'Operasi kali ini kami langsung melakukan tindakan terhadap pengemudi yang melanggar aturan,' tandas dia.

Selain itu, lanjutnya, operasi dilakukan untuk menyelamatkan masyarakat. Sebab, kecelakaan lalu lintas sering disebabkan ketidakpatuhan terhadap peraturan.

Ia memastikan, kegiatan pemeriksaan kelengkapan sepeda motor dan keamanan pengendara tidak hanya sampai tahap akhir Operasi Zebra Telabang. Tetapi tetap digelar secara berkala.

'Untuk itu, kita akan terus-menerus menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya melengkapi kendaraan dan pengamanan diri,' ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru