Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Utara: Perlu Pengawas Masyarakat Tertibkan Sampah

  • Oleh Ramadani
  • 06 November 2017 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Anggota DPRD Barito Utara, Mutafa Joyo Muchtar menyoroti masalah sampah. Dimana saat inu masih banyak masyarakat yang membuang sampah di bantaran Sungai Barito atau anak Sungai Barito.

Menurutnya, untuk dapat menangani masalah itu, maka dinas teknis tidak bisa bekerja sendiri, tapi harus melibatkan SKPD lain seperti dinas PU, BLH, Satpol PP dan lainnya.

'Selama ini kita menilai bak-bak sampah atau imbauan yang diberikan pemerintah kurang diindahkan oleh masyarakat, sebab membuang sampah di sungai atau anak sungai seakan sudah menjadi kebiasaan masyarakat,' katanya.

Oleh karena itu salah satu solusi yang tepat adalah penempatan petugas pengawas dari masyarakat, terutama di tempat yang sering dijadikan masyarakat sebagai tempat pembuangan sampah, serta pemberian teguran dan sanksi terhadap pelanggarnya.

'Beri peringatan pertama, kedua dan ketiga kepada masyarakat dan pedagang yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Bila masih saja membandel maka cabut izin usahannya dan berikan sangsi sesuai peraturan hukum yang berlaku, agar ada efek jera, sehingga masyarakat tidak lagi membuang sampah di sembarang tempat,' ujarnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru