Aplikasi Real & Quick Count & Arsip Form C1 Digital

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantuan Pusat Untuk Petani Ladang Masih Minim

  • Oleh Risky Rivaldo
  • 07 November 2017 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Murung Raya (Mura) Ferdinand Wijaya meminta pemerintah pusat tidak menganaktirikan para petani ladang khususnya yang ada di Kabupaten Mura. Pasalnya, hingga saat ini, bantuan pemerintah pusat untuk petani ladang masih minim jika dibandingkan dengan petani sawah.

'Sampai saat ini sangat minim bantuan dari pemerintah pusat untuk para petani padi ladang yang ada di daerah ini, karena selama ini pemerintah pusat seolah-olah lebih memperhatikan para petani padi sawah,' ungkap Ferdinand saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Selasa (7/11/17).

Seharusnya, lanjut dia, pemerintah pusat bisa memahami kondisi geografis di Mura. Petani Mura tidak bisa membuat padi sawah, sebab Mura merupakan daerah pegunungan. "Pemerintah pusat seharusnya dapat memikirkan masalah ini," imbuh dia.

Ferdinand mengakui hasil panen petani ladang memang kalah banyak dari petani sawah. Jika petani sawah bisa menghasilkan 7 ton per hektare, petani ladang hanya separuhnya 2-3 ton per hektare. "Namun kualitasnya tidak kalah, bahkan bisa lebih baik daripada petani sawah," cetus dia.

Saat ini, lanjut dia, petani ladang mendominasi di Mura dan tersebar di hampir seluruh kecamatan di daerah ini. Ia berharap, pemerintah pusat dapat memberikan bantuan kepada petani ladang, seperti bantuan bibit misalnya.

'Kalau pemerintah pusat dapat membantu kita di (Mura), saya yakin kedepannya petani padi ladang yang ada ini dapat memasarkan padinya ke luar daerah, karena saat padi ladang yang ada hanya bisa dimanfaatkan oleh petani dan masyarakat sekitar saja,'tandasnya.(RISKY RIVALDO/B-8)

Berita Terbaru