Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan IPAL Pabrik Tepung Selesai Akhir Tahun 2017

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 07 November 2017 - 08:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Pabrik Tepung, Desa Kapitan, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat yang digadang - gadang bakal menjadi yang pertama di Kalteng akan selesai pada akhir tahun 2017 ini. 

Sejatinya pabrik tepung yang dibangun melalui Anggaran Tugas Pembantuan APBN Tahun Anggaran (TA)  2016, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebesar Rp5,9 M telah melalui uji coba namun dalam pengoperasiannya terkendala oleh IPAL, hal ini diakibatkan efisiensi anggaran dari Kementerian mengakibatkan pembangunan IPAL terlalu kecil. 

Untuk itu melalui anggaran perubahan pada tahun 2017, Dinas Perikanan Kotawaringin Barat, meminta ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)  penambahan untuk perbaikan IPAL. 

"Alhamdulillah kita di bantu sebesar Rp300 juta untuk IPAL dan sudah kita kerjakan Insyaallah dalam waktu dekat kita akan uji coba IPAL tersebut," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Barat, Rusliansyah kepada Borneonews di ruang kerjanya, Selasa (7/11/2017). 

Ia melanjutkan pada awal perencanaan, ada dua item kegiatan di lokasi berdirinya pabrik tepung saat ini yaitu pembangunan gedung pengolahan dan gedung pemasaran. Untuk kegiatan pemasaran dan sarana promosi produk perikanan melalui anggaran tahun (TA)  2015 dibangun gedung yang akan digunakan untuk pembuatan kerupuk ikan dan saat ini calon pemanfaatan sudah ada yaitu KUB. Sarifah Salmah. 

Menurutnya, belum berfungsinya gedung promosi produk perikanan dan pembuatan kerupuk yang dibangun pada tahun 2015 ini terkendala oleh bagian dalam gedung yang belum memiliki plafon sehingga menjadi sarang burung yang mengakibatkan kotor dan bocor. 

"Pada APBD Perubahan ini plafon kita upayakan dapat segera di pasang dan saat ini dalam tahap pengerjaan, ketika selesai pengerjaan Insyaallah secepat nya kita fungsikan," terang dia. 

Untuk diketahui bahwa kapasitas produksi pabrik tepung tersebut, nantinya diperkirakan mampu menghasilkan sekitar 10 ton tepung ikan per hari. Pengadaan pabrik tepung ikan sepaket dengan pengadaan single cold storage atau ruang penyimpanan berpendingin, dengan daya tampung sekitar 200 ton. (KOKO SULISTYO/B-8)

Berita Terbaru