Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Kota Palangka Raya Perlu Berinovasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 November 2017 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto menyebut Dinas Pertanian perlu berinovasi. Terutama dalam pengembangan dan budidaya bawang merah. Pasalnya, ada sejumlah demplot bawang merah yang dinyatakan berhasil. Hal itu tentu harus bisa dilanjutkan.

"Kalau memang berhasil ya kembangkan dalam skala besar. Kalau perlu ajak para petani untuk melakukan studi banding ke daerah penyuplai bawang, seperti Brebes (Jawa Tengah) dan sebagainya. Jangan hanya orang dinas yang studi banding," kata Sigit, Selasa (7/11/2017).

Menurut politisi PDIP itu, pihak legislatif tentu berharap Kota Palangka Raya tidak terus-menerus bergantung dengan daerah lain untuk memenuhi kebutuhan pokok, seperti bawang merah atau bawang putih.

"Karenanya, Dinas Pertanian harusnya lebih inovatif. Jangan monoton. Harus memiliki program yang inovatif dan kreatif dalam pengembangan pertanian, khususnya bawang merah ini. Potensi pengembangan bawah merah kita inikan memang ada, dan sudah ada beberapa contoh dilakukan, dan berhasil meski di tanah berpasir. Salah satunya yang beberapa kali dilakukan Bank Indonesia," sebutnya.

Ia berharap, Kota Palangka Raya mampu memproduksi sendiri kebutuhan bawang. Paling tidak untuk kebutuhan lokal. Setelah berhasil, kembangkan lagi lebih besar agar bisa memenuhi kebutuhan seluruh wilayah Kalteng. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru