Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishub Seruyan Butuh Tambahan Alat Uji KIR

  • Oleh Parnen
  • 07 November 2017 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang ' Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Seruyan Tuhas Bandrang mengatakan, pihaknya sangat membutuhkan adanya penambahan alat penguji kelaikan kendaraan atau biasa disebut uji KIR untuk aktivitas pengujian kendaraan, terutama yang berada di wilayah Kuala Pembuang dan sekitarnya.

'Kita sudah usulkan penambahan satu alat uji KIR untuk tahun 2018 mendatang yang nantinya akan dipergunakan atau ditempatkan pada sekitar lokasi bangunan terminal angkutan di Kuala Pembuang. Mengingat terminal yang sudah dibangun beberapa waktu lalu, itu akan segera beroperasi sesuai peruntukannya,' kata Tuhas di Kuala Pembuang, Selasa (7/11/2017).

Sebab hingga saat ini, lanjut Tuhas, pihaknya dalam melakukan kegiatan pengujian kalaikan terhadap beberapa jenis kendaraan wajib KIR seperti angkutan umum dan kendaraan angkutan barang pelaksanaannya masih terfokus pada lokasi luar kota Kuala Pembuang, ibukota Kabupaten Seruyan, yakni di lokasi terminal Asam Baru Kecamatan Danau Seluluk.

'Saat ini jumlah kendaraan berbagai jenis semakin bertambah dan itu wajib dilakukan uji KIR. Sementara alat pengujian KIR yang kita miliki baru satu unit yang bisa dimanfaatkan dan itu tidak sebanding dengan banyaknya jumlah kendaraan yang tersedia serta balai untuk kegiatan pengujian kendaraan dimaksud,' ujar Tuhas.

Tuhas menambahkan, dia berharap kedepanya nanti untuk jenis kendaraan seperti mobil double kabin agar bisa dilakukan uji KIR seperti kendaraan angkutan armada lainnya.

'Mudah-mudahan apa yang kita usulkan untuk penambahan alat uji KIR ini bisa direalisasikan oleh Pemkab Seruyan. Apalagi jika mengingat, jika nantinya pelabuhan Teluk Segintung beroperasi , maka akan tidak sedikit jumlah kendaraan yang beroperasi disana serta lalu lalang di Kuala Pembuang,' ungkapnya. (PARNEN/B-5)

Berita Terbaru