Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Industri Pengolahan Pisang Untuk Program KIID Pusat

  • Oleh Parnen
  • 07 November 2017 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang ' Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan menetapkan industri pengolahan pisang kepok menjadi salah satu produk utama penganan khas daerah yang dimiliki. Penetapan itu merupakan bentuk implementasi dari adanya program Kompetensi Inti Industri Daerah (KIID) oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perindustrian yang dicanangkan beberapa waktu lalu.

'Industri pengolahan pisang sejalan dengan program KIID dari kementerian itu. Kita di Seruyan ada memiliki komptensi inti sektor industri usaha yang dimaksudkan oleh pemerintah pusat. Upaya yang kita lakukan di daerah, melalui proses pelatihan, arahan dan bimbingan bagi pelaku usahanya,' kata Kepala Disperindagkop UMKM Seruyan Laosma Purba, Selasa (7/11/2017).

Melalui adanya penetapan industri pengolah pisang tersebut, lanjut Laosma, warga pelaku usaha diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk dapat bersama mendorong adanya pola peningkatan pengetahuan keterampilan dibidang panganan, dengan harapan usaha yang dijalankan nantinya dapat lebih berkembang.

'Pemkab Seruyan ingin masyarakatnya bisa dapat terus bertumbuh dalam berinovasi dan produktif dalam hal peningkatan pendapatan melalui usaha yang digeluti,' ujarnya.

Sementara itu, berkaitan program KIID tersebut, lebih jauh Laosma menjelaskan, pemerintah daerah melalui dinasnya akan terus berusaha melakukan pendekatan pengembangan usaha industri guna mengembangkan dan membangun daya saing melalui produk yang dihasilkan suatu daerah.

'Melalui KIID ini juga dinilai dapat menjadi sumber keunggulan daerah dalam menghadapi persaingan global dan mendorong kemandirian pembangunan hingga ketingkat desa,' ungkapnya. (PARNEN/B-5)

Berita Terbaru