Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarmasin Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPMD Lamandau Adakan Pelatihan BUMDes kepada Aparatur Desa

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 07 November 2017 - 16:42 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lamandau menggelar pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Selasa (7/11/2017).

Pelatihan yang dilaksanakan di aula Badan Keuangan Daerah (BKD) Lamandau itu dibuka langsung oleh Kepala DPMD Lamandau, Muriadi, dan diikuti sekitar 40 orang terdiri dari perangkat desa, pengurus BUMDes serta masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan program prioritas pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembentukan dan pengelolaan BUMDes, dengan harapan masyarakat desa bisa mengembangkan unit usaha sesuai dengan potensi ekonomi di desanya," ungkap Muriadi.

Misalnya jika di suatu desa memiliki potensi kebun sawit, maka BUMDes yang dibentuk bisa mengelolanya. Begitupula dengan unit usaha lainnya, dengan tujuan untuk kesejahteraan bersama.

"Melalui kegiatan ini kita berharap pengurus BUMDes maupun masyarakat yang berniat membentuk BUMDes bisa memahami manfaat dan tata cara pengelolaan BUMDes itu sendiri," harapnya.

Muriadi menambahkan dalam pelatihan BUMDes ini selain mendatangkan nara sumber dari DPMD Provinsi Kalteng juga menghadirkan kades dan pengurus BUMDes desa Amin Jaya, kabupaten Kotawaringin Barat.

"Sengaja kita undang pengurus BUMDes dari Desa Amin Jaya sebagai salah satu nara sumber, karena ternyata BUMDes di sana berhasil membuktikan diri sukses mengelola BUMDes bahkan kesuksesannya telah diakui di level nasional, sehingga peserta pelatihan juga dapat menyerap kiat-kiat suksesnya dan termotivasi menyukseskan pengelolaan BUMDes di desanya," tukasnya. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru