Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Di Kota Palangka Raya, Sekolah Ini Hanya Bisa Dicapai Melalui Air

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 November 2017 - 18:58 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Butuh perjuangan untuk dapat mencapai SMAN 8 Palangka Raya. Sekolah ini berada di Kelurahan Kameloh Baru, Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya.

Ya, sekolah ini terletak di kota, ibu kota provinsi Kalimantan Tengah. Namun untuk mencapainya, diperlukan waktu sekitar 15 menit melewati jalur sungai dari dermaga.

Untuk menuju dermaga dari pusat kota pun memerlukan waktu yang tidak sedikit, bisa mencapai 40-50 menit dengan menggunakan mobil.

Demikianlah perjuangan tim Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah bersama awak media untuk menyerahkan sebuah kelotok bantuan bagi sekolah tersebut, Selasa (7/11/2017).

"Aktivitas siswa di sini tidak seperti kebanyakan siswa sekolah di tengah kota. Jika siswa di tengah kota kebanyakan menggunakan kendaraan roda dua untuk ke sekolah, siswa SMA 8 Palangka Raya ini semuanya justru menggunakan perahu bermotor atau di daerah ini lebih dikenal dengan sebutan kelotok atau getek," kata Kepala SMAN 8 Palangka Raya, Rifani saat menerima kunjungan dalam rangka penyerahan bantuan tersebut.

Kepala Sekolah ini menyatakan terima kasihnya atas bantuan kendaraan air ini dari Bank Indonesia. Menurutnya, selama ini para siswa menggunakan kelotok pribadi untuk ke sekolah.

"Namun bahan bakarnya mahal, cukup banyak uang untuk mengisi bahan bakar kelotok, kasihan anak-anak. Dengan adanya kelotok bantuan ini, kita bisa menjadikannya transportasi massal karena kapasitasnya juga cukup besar. Sisanya akan kita siasati bagaimana nanti, yang penting barangnya sudah ada," jelasnya.

Perjuangan mencapai sekolah inilah, menurut Kepala Perwakilan BI Kalteng, Wuryanto, yang mendorong BI Kalteng memberi bantuan berupa satu unit kelotok untuk operasional di sekolah ini.

"Tidak hanya siswa, sarana ini nantinya juga bisa digunakan para tenaga pendidik yang ada di sekolah tersebut," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru