Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Balangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gedung Baru Kemenkumham Kalteng Diresmikan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 07 November 2017 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gedung Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah diresmikan, Selasa (7/11/2017). Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Bambang Rantam Sariwanto langsung turun untuk meresmikan gedung baru yang terletak di Jalan Adonis Samad, Palangka Raya tersebut.

Selain disaksikan langsung Kepala Kanwil Kemenkumham Kalteng, Agus Purwanto, peresmian itu juga dihadiri pejabat seluruh UPT pemasyarakatan se Kalteng. Kemudian juga ada para undangan baik dari TNI, Polri, pemerintah provinsi maupun kota.

Sebelumnya, kedatangan Bambang bersama rombongan salah satunya Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI, Dahlan Pasaribu disambut Agus Purwanto setibanya di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya.

Setelah sampai di tempat acara, Bambang juga disuguhkan tari-tarian adat yang ditampilkan oleh para warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Menariknya, tarian tersebut tidak hanya berasal dari satu adat. Melainkan ada dari Dayak, Banjar dan Jawa. Mereka juga mengenakan pakaian adat masing-masing. Diwarnai senyum mengembang, gerakan tarian mengiringi irama musik hingga terlihat apik tanpa ada suatu perbedaan.

Selain peresmian, dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama bidang hukum, HAM, pembinaan dan pelayanan kesehatan bagi warga binaan pemasyarakatan serta pengawasan dan pelayanan konsultasui keimigrasian antara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalteng dengan kepala daerah kabupaten/kota se-Kalteng.

Agus Purwanto mengatakan, sebelumnya, Kanwil Kemenkumham Kalteng terletak di Jalan G Obos No 10 Palangka Raya di atas lahan milik Kantor Imigrasi Palangka Raya.

Namun, kondisi lahan yang cukup sempit membuat pelayanan keimigrasian pada kantor Imigrasi Palangka Raya terganggu. Khususnya di area parkir. Atas dasar itulah, pihaknya mengusulkan untuk membangun gedung baru. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru