Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berupaya Membenah Arsip di Gunung Mas

  • 08 November 2017 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas, Yokdie terus berupaya membenahi arsip di daerahnya, terutama arsip di satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) supaya terkelola dengan baik dan mudah dicari bila diperlukan.

"Kami sudah melakukan langkah-langkah, dalam artian menghimpun arsip di SKPD dan suka tidak sula kami harus jemput bola," ujar Yokdie saat dibincangi wartawan, Rabu (8/11/2017).

Menurut Yokdie, saat ini sumber daya manusia (SDM) dan tingkat pemahaman pada SOPD untuk mengurus masalah arsip masih terbatas.

Karena itu pihaknya proaktif membenahi arsip. "Karena kami sudah mengikuti seminar, work shop tentang kearsipan. Oleh karena itu kami ingin membenah arsip," ujarnya.

Menurut dia, hingga 2018 ada 10 SOPD yang bakal menjadi contoh pengelolaan arsip yang baik, sehingga bisa diikuti SOPD yang lainnya.

Dengan demikian, secara bertahap arsip di Kabupaten Gunung Mas dapat terkelola dengan baik dan muda dicari saat diperlukan.

"Langkah kami sekarang dan kemarin sudah melaksanakan pelatihan untuk kearsipan SOPD. Kami sudah mengonsep surat ke bupati untuk menunjuk mereka yang mengikuti pelatihan, untuk mengelola arsip di SOPD," cetusnya. (EPRA SENTOSA/B-6)

Berita Terbaru