Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Binjai   Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Gelontorkan Rp1,2 Triliun Untuk Ini

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 08 November 2017 - 22:44 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran terus berupaya melakukan percepatan pembangunan infrastruktur. Setidaknya Rp1,2 triliun dianggarkan untuk kepentingan tersebut di 2018.

Diperkirakan ada delapan proyek yang dilaksanakan untuk merealisasikan percepatan pembangunan infrastruktur di provinsi Berjuluk Bumi Tambun Bungai ini dari dana APBD 2018.

"Pemerintah provinsi fokus ke infrastruktur khusunya pembenahan jalan. Namun karena mempertimbangkan minimnya anggaran yang dimiliki pemerintah, maka delapan proyek itu akan menggunakan pola tahun jamak atau multi years selama tiga tahun," terang Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng, Leonard S Ampung, Rabu (8/11/2017).

Adapun delapan proyek infrastruktur jalan tersebut adalah dari Pangkalan Bun hingga Kotawaringin Lama, Pelantaran-Parenggean-Tumbang Sange-Antang Kalang, Sampit-Samuda, Pagatan-Katingan Tengah, Pangkoh-Bahaur, Bukit Liti-Bawan-Kurung, Kapuas-Maliku-Dadahup, dan Pasar Panas-Bentot-Kamintin.

Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, lanjut Leonard, terlebih dulu meminta persetujuan DPRD Kalteng.

Apalagi dalam perencanaan menghabiskan anggaran Rp1,2 triliun yang tentu tidak sedikit, karena kekuatan APBD Kalteng berkisar Rp 4 triliun lebih.

Sistem multi years ini menggunakan pola tiga tahun lunas. Maka dari itu, harus ditentukan berapa setiap tahun yang dianggarkan untuk membayarnya.Delapan proyek ini pun baru rencana dan sedang dalam pembahasan dengan DPRD Kalteng.

"Sekarang ini juga sedang dibahas besaran anggaran setiap tahun yang akan disediakan untuk membiayai delapan proyek tersebut.  Targetnya harus sudah lunas dalam waktu tiga tahun. Kalau disetujui, rencananya pada Desember 2017 akan kita lakukan lelang. Jadi, awal 2018 sudah bisa langsung dilaksanakan,' bebernya. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru