Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angka Pengangguran Kalteng Terendah Regional

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 08 November 2017 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mencatatkan angka pengangguran paling rendah di antara provinsi seluruh regional Kalimantan.

Catatan terakhir BPS per Agustus 2017 Kalteng mencatatkan angka sebesar 4,23 persen.

Sebagai perbandingan, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kalimantan yang tertinggi adalah di Provinsi Kalimantan Timur yakni sebesar 6,91 persen. Disusul kemudian Kalimantan Utara 5,54 persen. Lalu Kalimantan Selatan 4,77 persen.

"Di bawahnya lagi adalah Provinsi Kalimantan Barat sebesar 4,36 persen. Terakhir atau paling rendah TPT adalah Kalteng 4,23 persen, ini bagus," kata Kepala Bidang Statistik Sosial pada BPS Kalteng, Syafi'i Nur kepada Borneonews.co.id, Rabu (8/11/2018).

Sementara itu angka pengangguran nasional berada diangka 5,5 persen. Lalu dimana letak penganggur terbanyak di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai ini Syafi'i membeberkan 24.978 orang penganggur ada di perkotaan.

Jumlah ini lebih sedikit dibanding penganggur di perdesaan. Artinya jumlah orang tidak bekerja yang biasanya ada di perkotaan, ternyata sekarang banyak berada di perdesaan. Kondisi ini berkaitan dengan konsentrasi angkatan kerja belakangan ini.

"Jumlah penganggur di perkotaan 5,22 persen atau 24.978 orang. Kemudian 3,63 persen atau 28.984 orang berada di perdesaan. Itu karena jumlah angkatan kerja lebih banyak di perdesaan," jelasnya.

Lalu di antara 14 kabupaten dan kota di Kalteng ini daerah mana yang paling sedikit penganggur hasil potret BPS Kalteng menyebut Kabupaten Gunung Mas yang paling sedikit dihuni penganggur.

"Pengangguran di Gunung Mas hanya 1,17 persen atau 695 orang dari total angkatan kerja 37 ribu jiwa lebih. Maklum juga di sana jumlah manusianya juga sedikit," simpulnya. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru