Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Upaya KPU Tingkatkan Partisipasi Pemilih

  • 09 November 2017 - 14:30 WIB

BORNEONEWS,Kuala Kapuas ' Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas terus berupaya mencapai target partisipasi pemilih yang dipatok secara nasional yakni 77,5%.

Menurut Komisioner KPU Kapuas Divis Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sosialisasi, Suhardi, saat ini pihaknya gencar melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah di 17 kecamatan untuk meningkatkan partisipasi pemilih terutama pemilih pemula.

"Kita sudah turun ke sekolah-sekolah untuk sosialisasi karena target nasional untuk partisipasi pemilih yang harus dicapai 77,5 persen," kata Suhardi ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Kamis (9/11/2017).

Ia melanjutkan saat ini partisipasi pemilih jika dilihat dari Pemilihan Legislatif (Pileg) lalu mengalami penurunan sekitar 60%, Pemilihan Presiden (Pilpres) 60% sedangkan pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 50,7%.

"Melihat dari presentase, ada sekitar 140.000 masyarakat (Kapuas) yang tidak menggunakan hak suaranya. Sehingga menjadi beban moral dari kami sebagai pihak penyelenggara untuk meningkatkan partisipasi pemilih," ungkapnya.

Suhardi berharap ada peran aktif dari pemerintah daerah untuk mendukung sosialiasi KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih agar target nasional bisa tercapai pada pilkada serempak nanti.

"Dukungan pemerintah juga sangat penting.Untuk meningkatkan partisipasi pemilih.Sebab KPU tanpa dukungan pemerintah daerah dan masyarakat untuk capai target nasional 77 persen," pungkasnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru