Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seram Bagian Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim: Pemerataan Kesehatan Harus Jadi Prioritas

  • Oleh Naco
  • 09 November 2017 - 16:38 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Abdul Sahid meminta agar Pemkab menempatkan tenaga medis di seluruh desa terutama perawat dan bidan. Itu sangat penting untuk mencapai pemerataan pembangunan disektor kesehatan.

"Penempatan itu juga hendaknya diberikan kepada petugas yang bertanggungjawab dan tidak meninggalkan tugasnya. Bahkan apabila memang perlu pemkab melakukan rasionalisasi tenaga kontrak dan dialihkan untuk pembiayaan pengangkatan tenaga medis dipelosok," kata Sahid, Kamis (9/11/2017).

Menurut Sahid, mereka selalu mendukung adanya pengangkatan tenaga kontrak untuk memenuhi kebutuhan medis di seluruh desa. Setidaknya disetiap desa wajib ada satu bidan dan satu perawat yang ditempatkan di puskesmas pembantu.

Menurutnya, apabila saat ini mengandalkan pengangkatan dari PNS maka terlalu lama masyarakat menunggu.

Sedangkan apabila nantinya memang perlu dibebankan dari APBD maka pihaknya sangat mendukung asalkan tidak berpengaruh kepada beban belanja di atas 50 persen untuk pegawai.

"Tidak hanya itu apabila jika memang dari sisi anggaran tidak memungkinkan ada pengangkatan maka pemkab harus merasionalisasi jumlah tenaga kontrak di SOPD," tandasnya.

Karena masalah kekurangan tenaga medis ini harus menjadi perhatian pemerintah, agar kedepan bagaimana caranya masalah kesehatan tidak menjadi persoalan klasik setiap tahunnya. Apalagi soal kesehatan selalu digaung-gaungkan menjadi skala prioritas. (NACO/B-6)

Berita Terbaru