Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Realisasi Inseminasi Buatan Capai 90% dari Target

  • 09 November 2017 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Populasi sapi di Kabupaten Kapuas diperkirakan bertambah. Pasalnya, petugas Dinas Pertanian Kapuas telah melakukan inseminasi buatan sebanyak 722 kali suntikan. Jumlah itu sudah mencapai 90% dari target inseminasi buatan sekitar 755 suntikan.

"Sampai bulan Oktober 2017 ini sudah 90 persen," kata Kasi Pembibitan dan Produksi Darius Bada di ruang kerjanya, Kamis (9/11/2017).

Darius menjelaskan, sampai saat ini ada 491 ekor sapi bunting dan sudah melahirkan sekitar 378 ekor. "Kita hanya menargetkan suntikan kepada sapi agar bunting, kalau untuk target populasi tidak menjadi target," ungkapnya.

Setiap bulan, lanjut Darius, pihaknya menargetkan IB kepada sapi induk sekitar 60 sampai 70 ekor. Jadi target yang sekarang dikejar dalam waktu dua bulan yaitu November dan Desember sekitar 33 suntikan.

"Biasanya kami memberikan IB kepada sapi dengan masa suntik selama 21 hari. Nanti kita lakukan pemeriksaan apakah berhasil atau tidak. Sebab masa birahi sapi itu 21 hari untuk masa kawin," terangnya.

Dia menambahkan, daerah yang menjadi sentra pengembangan sapi ada di lima kecamatan yaitu Basarang, Tambang Catur, Mantangai, Kapuas Murung dan Kapuas Kuala.

"Padahal kalau dilihat dari letak geografis daerah non pasang surut, Kecamatan Timpah, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Mandau Telawang dan Pasak Telawang sangat potensial pengembangan sapi. Tetapi kultur budaya masyarakat yang harus telaten memengaruhi juga," pungkasnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-2)

Berita Terbaru