Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dharma Satya Nusantara Cetak Laba Rp412,4 Miliar

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 10 November 2017 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) mencatatkan laba bersih sebesar Rp412,4 miliar pada sembilan bulan tahun ini, meningkat dari capaian pada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp17,3 miliar.

"Kinerja yang baik ini merupakan hasil dari peningkatan penjualan bersih, menyusul naiknya produksi CPO perseroan dan membaiknya harga CPO pada kuartal III tahun ini," kata Sekretaris Perusahaan Dharma Setya Nusantara, Paulina Suryanti, di Jakarta, Jumat (10/11/2017).

Sampai dengan September 2017, perseroan mencatat penjualan bersih sebesar Rp3,9 triliun, mengalami peningkatan sekitar 47,1% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Penjualan tersebut sebagian besar disumbangkan oleh segmen usaha kelapa sawit yang memberikan kontribusi sekitar 82,4% dari total penjualan perseroan.

Produksi Tandan Buah Segar (TBS) perseroan sampai sembilan bulan pertama tahun ini sudah mencapai 1,2 juta ton, mengalami kenaikan sekitar 69,2% dibandingkan tahun lalu. Pada periode yang sama ini perseroan juga memproduksi 310,0 ribu ton CPO, mengalami kenaikan sekitar 49,9% dibandingkan tahun lalu.

'Harga kontrak CPO perseroan sampai dengan kuartal ketiga tahun ini juga makin membaik dengan kenaikan sekitar 11,8% menjadi Rp8,1 juta per ton dibandingkan periode yang sama tahun lalu sekitar Rp7,3 juta per ton,' papar Paulina.

Perseroan mencatat EBITDA pada Januari hingga September 2017 sebesar Rp1,1 triliun, mengalami kenaikan sekitar 132,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan margin EBITDA sekitar 27,5%.

Sampai akhir tahun, perseroan optimistis kinerja finansial akan tetap membaik, didukung dengan perbaikan pada kinerja operasional sektor perkebunan. Sampai dengan September 2017, jumlah lahan tertanam kelapa sawit Perseroan mencapai 90.288 hektar.

DSNG didirikan pada 29 September 1980 dan bergerak di bidang industri kelapa sawit dan produk kayu. Saat ini, perseroan memiliki lahan perkebunan kelapa sawit yang sebagian besar berada di Kalimantan Timur.

Di industri kayu, perseroan memiliki pabrik pengolahan kayu di Jawa Timur dan Jawa Tengah, yang memproduksi panel kayu, engineered door dan engineered flooring. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru