Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Lamandau Imbau Warga Waspada Longsor Susulan di Delang

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 13 November 2017 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Delang - Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur beberapa daerah di kabupaten Lamandau beberapa hari belakangan ini menyebabkan sejumlah tebing di sisi jalan trans kalimantan poros selatan, tepatnya di sekitar kelurahan Kudangan menuju Desa Hulu Jojabo, Kecamatan Delang mengalami longsor.

Oleh karena itu, BPBD Lamandau mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati dan waspada jika melintasi jalan tersebut. Terlebih pada saat musim penghujan seperti sekarang ini.

Imbauan itu disampaikan Pelaksana tugas (plt) kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Lamandau, Masdiani, Senin (13/11/2017). "Saat ini musim yang terjadi tidak bisa diprediksi secara pasti, dan lebih banyak hujan. Karenanya, kami menghimbau bagi pengendara yang melintasi jalan negara khususnya jalan Trans Kalimantan di kecamatan Delang harus lebih waspada. Karena banyak titik tepi jalan yang berpotensi longsor," ungkapnya.

Menurutnya, berdasarkan pantauan yang dilakukan pihaknya dua hari sebelumnya, telah terjadi tanah longsor di sejumlah tepi jalan dari kelurahan Kudangan menuju desa Hulu Jojabo, dan sebaliknya. "Ada tujuh titik longsor di jalan tersebut. Kalau tidak berhati-hati bisa berbahaya bagi pengendara kendaraan bermotor," ucapnya.

Jadi, kata dia, lebih baik menunggu sampai hujan-nya berhenti apabila ingin melintas di jalan tersebut. Sebab, selain tanah longsor, potensi yang membahayakan lainnya adalah pohon tumbang. "Karena disana banyak pepohonan besar yang lapuk dan terkadang akarnya sudah tidak kuat menahan beban pohonnya akibat tanahnya sudah tergerus air. Jika ada angin besar, sewaktu-waktu bisa tumbang," tukasnya. (HENDI NURFALAH/B-8)

Berita Terbaru