Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPR: Masalah Keasaman Tanah Lahan Pertanian Harus Bisa Diatasi

  • Oleh James Donny
  • 14 November 2017 - 09:16 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dalam meningkatkan produktivitas pertanian di Kalimantan Tengah (Kalteng) masalah pH (tingkat keasaman) tanah dan ketersediaan pupuk masih menjadi persoalan yang harus ditangani pemerintah.

Hal tersebut dikatakan anggota Komisi IV DPR RI Hamdhani. Karena itu ia mengharapkan agar masalah tersebut segera diatasi. "Bagi petani masalah pH tanah dan penyediaan pupuk masih menjadi persoalan dan ini supaya segera teratasi demikian juga untuk penyediaan kapur dan pupuk harus siap di tempat," kata politisi NasDem itu saat menghadiri kunjungan Menteri Pertanian di Desa Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau, Senin (13/11/2017).

Di lain pihak, Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman mengatakan, sudah ada pupuk organik yang disediakan untuk menjaga kesuburan tanah petani.

Hal tersebut juga dikatakan Menteri akan tersedia pada saat dengan pengembangan 300 ribu hektare lahan padi organik di Kalimantan Tengah, yang diantaranya berada di Kabupaten Pulang Pisau seluas 100.565 haktare, Kabupaten Kapuas 191.027 haktere, dan Kota Palangka Raya 6.408 haktere. (JAMES DONNY/B-5)

Berita Terbaru