Aplikasi Sistem Pemetaan Suara Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Panwaslu Ajak Pelajar Aktif Awasi Pemilu

  • Oleh Risky Rivaldo
  • 14 November 2017 - 11:46 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Murung Raya (Mura) menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif di Hotel Gita, Jalan A Yani Puruk Cahu, Selasa (14/11/2017).

Dalam kegiatan itu, Ketua Panwaslu Mura Rudy Hartono yang sekaligus bertindak sebagai pemateri mengajak para peserta dari kalangan pelajar yang merupakan pemilih pemula untuk berperan aktif mengawasi jalannya pemilu. 

"Saya berharap pemilih pemula bisa mengingatkan mengajak serta mengimbau masyarakat khususnya kerabat terdekat untuk ikut berpartisipasi aktif dalam pilkada," terang Rudy.

Selain itu, lanjut dia, peserta juga diberikan materi mengenai pentingnya pemilu, bagaimana penyelenggaraan pemilu, azas penyelenggaraan, tahapan penyelenggaraan, cara menjadi pemilih dan cara berpartisipasi dalam pemilu.

"Menjadi pemilih yang baik dalam pemilu, serta hak warga negara pasca pemilu juga merupakan materi kita pada hari ini," kata dia.

Rudy menegaskan salah satu poin penting dalam sosialisasi ini yakni agar para pemilih pemula tidak mudah dibeli suaranya. Sehingga, mereka bisa memilih berdasarkan aspirasinya dan mendapatkan pemimpin yang baik.

"Saya berharap pelajar peserta yang hadir ini dapat menjadi pengawas Partisipatif,minimal memberikan laporan atau informasi awal kepada panitia pengawas pemilu,bagi pangawas pemilu," pungkas dia. (RISKY RIVALDO/B-8)

Berita Terbaru