Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wajar, Umur Jembatan Pulau Telo Sudah lebih 20 Tahun

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 14 November 2017 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Umur jembatan Pulau Telo di Kabupaten Kapuas sudah lebih dari 20 tahun. Karenanya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Tengah Leonard Samuel Ampung, menilai wajar bila jembatan itu dilakukan perbaikan atau perawatan.

'Memang sudah saatnya jembatan itu diakukan pemeliharaan. Karena umurnya sudah lama, lebih dari 20 tahun. Perlu perawatan untuk bagian-bagian tertentu yang sudah rusak,' kata Leonard, Selasa (14/11/2017).

Ia memastikan, tidak ada bagian lain yang mengalami kerusakan selain alas jembatan. Sehingga fokus pekerjaan rehabilitasi adalah perbaikan alas jembatan. Ia membatah bahwa tiang jembatan mengalami kerusakan akibat tertabrak kapal yang melintas.

'Juga tidak ada pergeseran tiang jembatan, semua aman, hanya alas jembatan yang perlu diperbaharui, dicor kembali. Ini untuk perawatan,' tandasnya.

Selain pengecoran pada oprit jembatan, juga dilakukan pengecoran pada rentang tengah oprit. Oprit jembatan yang perbaiki adalah yang dari arah Kapuas menuju ke Basarang, khusus di kiri jalan. Pasalnya, kondisinya mulai retak sehingga diganti dengan cor beton.

Jembatan Pulau Telo memiliki panjang total 580 meter. Terdiri dari sembilan bentang. Setiap bentang sepanjang 60 meter. Kecuali bentangan di bagian tengah atau utama yang mencapai 100 meter dengan lebar 9 meter. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru