Jumat, 24 November 2017
 

 
 

Tumbuhan Langka

Bunga Suweg Tumbuh di Halaman Rumah Hebohkan Warga Bumi Harjo

 
 
Bunga suweg yang tumbuh di halaman rumah warga, Desa Bumi Harjo, Kecamatan Kumai.

Bunga suweg yang tumbuh di halaman rumah warga, Desa Bumi Harjo, Kecamatan Kumai.

Borneonews / Koko Sulistyo

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Warga RT 12, Desa Bumi Harjo, Kecamatan Kumai dihebohkan dengan kemunculan bunga suweg atau kembang bangah yang menyerupai Bunga Bangkai (Raflesia). Bunga itu tumbuh di halaman belakang rumah warga bernama Sukardi.

Suwardi menuturkan, bunga suweg yang berwarna merah hati dengan tinggi sekitar 50 centimeter ini sempat mengundang perhatian masyarakat, karena bentuknya menyerupai bunga bangkai atau Raflesia.

Menurutnya, bunga suweg ini sangat jarang tumbuh. Biasanya bunga khas ini tumbuh pada penghujung musim kemarau atau memasuki musim penghujan.

"Dulu juga ada tumbuh bunga suweg tidak jauh dari tumbuhnya bunga saat ini," tutur Sukardi.

Tanaman Suweg sendiri adalah tanaman yang tergolong unik dan sering membuat penasaran orang. Tanaman ini biasanya tumbuh di pohon-pohon yang rindang. Sayangnya saat ini tanaman tersebut sangat jarang terlihat.

Selain tergolong sebagai tanaman pangan, Suweg bisa difungsikan juga sebagai tanaman hias, keunikan tanaman ini yang seringkali membuat orang penasaran untuk melihatnya. "Bunganya indah mirip bunga bangkai dalam versi yang lebih kecil," katanya.

Bunga Suweg masih anggota marga Amorphophallus dan kerabat bunga bangkai atau raflesia. Namun yang membedakan selain ukurannya lebih kecil, suweg tidak menyebarkan aroma busuk seperti bunga bangkai. (KOKO SULISTYO/B-11)

BERITA POPULER

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top