Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musi Rawas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menteri Pertanian Janjikan Bantuan Senilai Rp100 Miliar Untuk Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 15 November 2017 - 18:02 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Setelah melihat langsung sentra pertanian di Kabupaten Barito Utara, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman berjanji memberikan bantuan kepada Pemkab Barito Utara.

'Peningkatan jagung di sini sangat luar biasa. Bahkan ada masyarakat yang sudah keluar negeri untuk belajar. Ke depan kami akan meningkatkan dengan membantu perluasan lahan 50 ribu hektare atau senilai Rp100 miliar. Selain itu, ada bantuan alat mesin pertanian serta alat panen,' kata Menteri Amran kepada wartawan, Rabu (15/11/2017).

Ia mengaku menyambut baik pernyataan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran untuk memperluas lahan tanam jagung sekitar 50 ribu hektare di wilayah Kabupaten Barito Utara pada 2018 akan datang.

'Kami bangga dengan masyarakat Kalimantan Tengah. Spiritnya sangat luar biasa. Walau berada di tengah-tengah hutan bisa ditanami jagung. Bantuan lima traktor, hari ini diberangkatkan dari Jakarta. Satu unit harga traktor hampir Rp450 juta. Kita berikan untuk Kabupaten Barito Utara,' sebut Mentan.

Ia juga menyatakan sangat bangga dengan para petani di wilayah Kabupaten Barito Utara, khususnya Desa Batu Raya II, Kecamatan Gunung Timang. Karena perluasan lahan tanam jagung setiap tahun meningkat.

'Saya sangat bangga dengan luas tanam yang ada, dan hasilnya sudah dipanen. Maka dari itu, saya akan berikan lagi delapan unit alat untuk pembukaan lahan dan mesin panen jagung. Insyaallah dalam waktu delapan hari alat pertanian sudah tiba,' katanya.

Menurut dia, wilayah Kalimantan Tengah, khususnya Kabupaten Barito Utara, sangat potensial untuk ditanami jagung. Karena kondisi alam yang berbukit. Oleh sebab itu, dengan adanya perluasan, maka Kementerian Pertanian akan membantu bibit dan pupuk, serta ditambah dengan alat berat untuk para petani.

Dengan ada perluasan lahan tanam jagung seluas 50 ribu hektare, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani. Hal ini juga sesuai dengan program Nawacita Presiden Joko Widodo, yang mana harus kerja dan kerja.

Menteri Pertanian juga mengapresiasi banyaknya para petani yang sudah berhasil memperbanyak komoditi jagung di Kabupaten Barito Utara. 'Sehingga Barito Utara menjadi daerah swasembada jagung di Kalimantan Tengah." (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru