Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah dan Masyarakat Harus Bersinergi Menyikapi Perubahan Iklim

  • Oleh James Donny
  • 15 November 2017 - 20:08 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pemerintah dan masyarakat diharapkan bisa bersinergi menyikapi perubahan iklim yang terjadi saat ini. Demikian disampaikan Hery Sulistio, narasumber pada kegiatan forum diskusi terarah tentang pengukuran tata kelola ketahanan perubahan iklim yang digelar di aula Bappedalitbang Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (15/11/2017).

Menurutnya, menyikapi hal ini pemerintah dan masyarakat harus bersinergi baik dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam usaha adaptasi dan mitigasi pemanasan global di daerah masing-masing.

Peneliti dari Kemitraan/Partnership for Governance Reform ini mengatakan bahwa ketahanan terhadap dampak perubahan iklim cukup bervariasi. Untuk itu dibutuhkan komitmen yang kuat dari pemerintah dan masyarakat di daerah.

Menurut Hery dengan tinggi tingkat kepatuhan seluruh elemen masyarakat dalam mempraktikkan prinsip-prinsip tata kelola yang baik, maka dampak perubahan iklim baik dari sisi adaptasi maupun mitigasi dapat diminimalisasi.

Dikatakan indikator-indikator program perubahan iklim ini akan menjadi sebagai salah satu kriteria dalam menentukan besaran Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat melalui Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, ke daerah. (JAMES DONNY/B-2)

Berita Terbaru