Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelanggar Lalu Lintas Meningkat Selama Operasi Zebra di Kapuas

  • Oleh Hamdi
  • 15 November 2017 - 22:32 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Satlantas Polres Kapuas menindak 565 pelanggaran lalu lintas selama pelaksanaan Operasi Zebra Telabang 2017. Jumlah ini meningkat dibanding operasi tahun sebelumnya, yakni hanya 371 pelanggaran.

'Persentase pelanggaran untuk tahun ini meningkat 52 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Ada penambahan 194 pelanggaran," kata Kasat Lantas Polres Kapuas, AKP Abdul Wakid, Rabu (15/11/2017).

Terkait itu, Wakid mengimbau seluruh pengendara untuk lebih tertib berlalu lintas, yang bertujuan untuk meminimalisasi angka kecelakaan lalu lintas.

'Pelanggaran yang dilakukan pengendara bervariasi. Mulai dari melawan arus, melanggar rambu, tidak membawa kelengkapan berkendara. Untuk roda empat dan roda enam, yang paling ditindak yakni tidak mengenakan sabuk pengaman," kata Wakid.

Akan tetapi, sambung dia, tidak semua pelanggaran dilakukan penilangan, pelanggaran ringan hanya diberikan teguran. Seperti tidak menyalakan lampu, tidak memakai helm atau tidak memakai safety belt. 

'Kesadaran masyarakat untuk memakai helm SNI di Kabupaten Kapuas sudah cukup baik. Hampir dari semua titik dilaksanakannya operasi, warga sadar menggunakan helm SNI,' kata dia. (HAMDI/B-11)

Berita Terbaru